Senin, 20 April 2009

Buat Taman Pengolah Limbah yuuk !!

Setiap hari pasti kita akan buah limbah di rumah. Baik limbah dari kamar mandi, dari dapur, mesin cuci yang menggunakan sabun dll..dll. Wah berapa limbah setiap hari kita produksi ? Dan muaranya nanti pasti ke sungai dan mengotori perairan sungai-sungai dan waduk kita.
Akibatnya ...sungai-sungai kita tercemar dan ikan-ikan sulit kita dapatkan di sungai.

Limbah rumah tangga (grey water) ini jarang diperhatikan oleh pemerintah, sedangkan limbah ini skalanya cukup besar menyumbang polusi baik COD, BOD, amonia dan lingkungan kita.

Apa yang kita bisa perbuat ?

Subhanallah....., Ternyata Allah sudah ciptakan tanaman-tanaman rawa/ tanaman air dapat berperan mengurangi limbah baik COD dan BOD nya.

Jadi bisa dong kita buat taman pengolah limbah (Bio Waste Garden) untuk mengurangi pengaruh limbah rumah tangga kita.

Caranya ternyata gampang. ..
Kita buat kolam kecil di dekat pembuangan limbah rumah tangga kita dan kita isi dengan tanaman-tanaman air atau tanaman rawa. Isi kolam tersebut dengan air limbah kita dan di ujung kolam kita buat pembuangan ke saluran air kotor.

Desainnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini :


Kita buat yuk tamannya, Insya Allah kita akan mendapatkan taman yang cantik sekaligus punya mesin tanaman yang bekerja mencuci limbah-limbah kita.


(Ini contoh taman pengolah limbah)

Punya saya lagi dibangun tukang di belakang rumah..Wah terlambat baru sekarang bikinnya, tapi lebih baik terlambat dari pada tidak melakukannya.

Sumber : http://www.idepfoundation.org/wwg/index.html

7 komentar:

acha2017 mengatakan...

assalamualaikum..salam kenal Pak Ahmad,ide Bapak boleh ditiru nih tapi tanaman airnya apa saja ya Pak..enceng gondok bisa nggak Pak ?
santoso

Akhmad mengatakan...

Wa'alaikum Salam Wr.Wb
Enceng gondok salah satu tanaman yg bisa mencuci limbah. Tanaman air lainnya saya tanam juga genjer, pisang bali, melati air dll yg ternyata harganya relatif murah di toko bunga. Selamat mencoba pak.

ज़ाकिर अली ‘रजनीश’ mengatakan...

Nice Blog. Congrats.
-Zakir Ali ‘Rajnish’
{ Secretary-TSALIIM & SBAI }
[ Editor- Children’s Poem
& Adult’s Poem ]

Aditya mengatakan...

Assalammu'alaikum... salam kenal Pak Ahmad dari Bali...
Kalau boleh menambahkan... saya pernah mendesain untuk waste garden di sebuah villa di Bali... untuk tanaman air sebaiknya dipilih yang memiliki akar yang panjang. Tanaman Sagitarius sagittaria dan typha angustifolia juga sangat baik untuk waste garden ini. terima kasih...
Aditya
http://desainlansekap.wordpress.com/

Tyas Wahyuni mengatakan...

Mohon dicantumkan lebih lengkap Pak, apa saja tanamannya? Enceng gondok, genjer, pisang bali, melati air, sagitarius sagitaria (nama lokalnya apa ya?). Artikel yang bagus. Terima kasih buanyak.

Akhmad mengatakan...

@aditya : wah saya bisa belajar dong ke aditya.
Taman pengolah limbah saya di belakng rumah sudah habis dibabat buldozer karena di belakang rumah baru dibangun perumahan baru.
Saya lagi cari tempat baru untuk bisa buat taman pebgolah limbah lagi.

Akhmad mengatakan...

@Tyas : mbak tyas silahkan buka blognya Aditya, sekalian bisa konsultasi dg beliau. Pak aditya ini ahli lansekap jadi saya kira beliau lebih tahu ttg tanaman air.