Jumat, 25 Januari 2013

Komunitas Durian Mania

Ternyata komunitas penggemar durian di Indonesia itu eksis..
Sehari saja tidak membuka FB di groups Mania Durian sudah banyak ketinggalan informasi.

Di Durian Mania ini berkumpul para penggemar durian baik sebagai penikmat buah durian, hobiis pengumpul tanaman/ koleksi tanaman durian, penyedia bibit durian, pengamat durian, kuliner aneka masakan durian, ilmuwan (sebentar lagi Doktor ahli durian), hingga pebisnis buah durian/ suplier buah durian ke supermarket.


 (Acara kumpul durain Mania diliput salah satu media TV)

Di Komunitas durian ini kita bisa tahu informasi berbagai jenis varietas durian2 unggul di Indonesia. Setiap hari kita sampai "ngilerrr" lihat durian2 enak dari berbagai daerah diposting oleh para anggota.



(sebagian jenis durian unggul. Foto milik pak Nody)

Saya sebagai kolektor tanaman buah sampai pusing....begitu banyaknya jenis durian unggul di negeri kita ini. Pusingnya mikirin mau ditanam dimana ??? durian2 tsb. Akhirnya yang penting kumpulkan dulu koleksi aneka durian unggul di kebun sambil berdoa semoga ada lahan untuk menanamnya nanti.

Ada seorang rekan kolektor bibit durian yg sudah memiliki 30 jenis durian, bahkan di kebun percobaan Balitbu di Subang ada sekitar 150 jenis bibit durian unggul. Dan masih banyak lagi durian-durian unggul dengan rasa, warna, ketebalan yang mantap-mantap yg setiap hari berseliweran di posting teman-teman Mania durian.

(Koleksi bibit durian milik Pak Puji Purnama. Foto oleh Pak Puji Purnama)

Kegiatan yang menarik kalau kita bisa kumpul makan durian bersama, bisa seharian kita ngobrol tentang durian. baik dari jenis dan keunggulan masing-masing durian hingga bagaimana cara pengembangan durian di Indonesia.
(kumpul dan belajar durian di kebun percobaan Balitbu Subang)

Banyak ilmu yang didapat berkumpul bersama komunitas durian ini. Ilmu "durianologi" (he he ini hanya istilah saya saja) terus berkembang.
Dimulai dari pengenalan berbagai jenis durian, berbagai cara untuk membiakkan baik generatif maupun vegetatif sampai upaya untuk pelestarian dan pengembangan varietas2 baru agar mendapatkan durian unggulan.
Bahkan ada ilmu gunakan teknologi DNA untuk pengembangan dan menghasilkan varietas durian baru dimasa mendatang. (ilmu ini sedang digunakan oleh Pak Panca Jarot untuk program S3 nya).

Alhamdulillah saya bersyukur bisa bertemu dengan teman2 di komunitas durian ini.
Semula saya agak pesimis dengan pengembangan durian di Indonesia ini. Durian di Indonesia masih dijajah oleh Durian Monthong/ durian import. Sampai timbul pertanyaaan siapa yang peduli dengan durian lokal ???
Dengan bergabungnya dengan komunitas pencinta durian, semangat baru terus bertambah. Saya semakin Optimis dan yakin suatu saat durian lokal kita akan merajai pasar dunia. Karena kita memiliki sumberdaya berbagai jenis durian unggul dan yang penting saya punya teman-teman yang selalu sharing untuk pengembangan durian unggul.

Selamat bergabung di Komunitas Durian Mania.
Click http://www.facebook.com/groups/273026756134699/327353947368646/?notif_t=group_activity





10 komentar:

khaqul iman mengatakan...

salam kenal pak akhmad.
waaah mantab banget postinganya pak. kebetulan saya juga hobi durian. mungkin bisa di sharing ilmunya pak ahmad? supaya lebih bermanfat.trimakasih sebelumnya

Dedy kurniawan mengatakan...

Salam kenal pak
Baru2 ini saya lagi hobi tanam durian,menoreh,musangking,bawor,montong
Yg saya mau tanya beda tidak ya daun bawor sama montong?blum lama saya beli dari trub## masih kecil bgt perbatang 200 ribu menurut saya daun nya lebih kecil dan lebih hijau
Padalan saya juga pernah beli bawor daun nya kok sama kaya montong?(Tp bukan dari trubu#)
Kira 2 2 nya bawor atau ada yg bukan?

Dedy salatiga

Sobari Sobar mengatakan...

Salam pak Akhmad jangan khawatir pak durian varitas lokal tdk akan kalah sm monthong (terutama cita rasa legitnya). Adalagi keunggulan lain ad (teknik pilihan dan tingkat kepuasan)

Sobari Sobar mengatakan...

Saya sdh buat format (diskripsi) dlm penilaian durian terdiri dari sek 60 poin. Shg setiap durian dpt digambarkan mandiri. Dg 3 bobot penilaian utama. 1 dlm memilih (menemukan kw1). 2 harga (dg tkt harga murah). 3 legitasi (tektur aroma dan legitasi).

Sobari Sobar mengatakan...

Contoh membeli dan makan durian monthong tingkat kepuasannya sek 35 %. Padahal jika saya memilihkan (durian lokal) utk teman dan mendapatkan durian kw1 dg tkt kepuasan 100%. Saya mendpt nilai tkt kepuasan sek 56 %.

Akhmad mengatakan...

Senang berkenalan pak khaqul iman,
Silahkan saja pak bergabung dengan group maniak durian.
Di Group ini banyak ilmunya dan banyak pakar yg bisa sharing seperti Pak Prfo. Lutfi Bansir, DR. Jarot dll

Akhmad mengatakan...

Trimakasih pak Sobari Sobar informasinya.
Menarik sekali penelitiannya pak.
Apakah ada publikasinya supaya bisa saya sebarkan informasi hasil penelitian ini ?
Tantangan terbesar durian lokal adalah menjaga kualitasnya karena banyak pedagang menjual durian lokal dipetik sebelum waktunya sehingga rasanya hampar.

Semoga durian lokal bisa unggul, karena di negeri inilah sebenarnya sumber plasma nutfah durian.

Akhmad mengatakan...

Mohon maaf pak Dedy kurniawan, saya tidak bisa menjawab pertanyaan bapak.
Silahkan di sharing foto daunnya ke group maniak durian. Insya Allah akan mendapat jawaban yg lebih jelas.
Saat ini banyak yg menjual bibit durian dengan label Bawor karena diberi kaki tiga atau empat. Sebenarnya yg penting adalah batang atasnya.
Bawor yang asli bibitnya bisa dipesan di pak Sarno di Banyumas dg label bhineka Bawor.
Informasi lebih ttg durian ini bisa ditanyakan ke group.
Trimakasih

Orang awam mengatakan...

Kami berniat membuat durian lokal berkualitas sebesar 900 hektar krn lahannya perbukitan dan sangat cocok ditanami durian, insya allah apabila sdh tertanam kami ingin ikut duren mania

Orang awam mengatakan...

Rencana ada bbrapa varietas, yg lokal adlh duren janda dr binjai, musang king dan kane, masing masing 300 ha, penanaman awal tahun ini seluas 30 ha dimulai dr duren janda, lokasi tanam di labuhan batu utara sumut