Jumat, 05 Oktober 2007

Berkebun Lengkeng

Saat ini sudah banyak jenis lengkeng unggul yang berbuah dalam waktu singkat 2 tahun-3 tahun berbuah genjah, bersifat adaptif dan tidak perlu lagi harus berpasangan lengkeng jantan dan betina.
Sebagai contoh Tanaman lengkeng pingpong dalam waktu setahun dapat berbuah. Selain itu, tanaman ini bersifat adaptif. Ia bisa tumbuh di tanah berpasir, lempung, liat, sampai yang berbatu, dan mampu berbuah pada lahan berketinggian 0—400 meter di atas permukaan laut (dpl) dan yang menarik buahnya besar-besar makanya diberi nama pingpong. Dan kabarnya lengkeng ini kalau dirawat intensif dapat berbuah 3 x setahun.
Banyak lagi buah lengkeng unggul seperti diamond river, itoh, lengkeng sugiri dari lampung dll. Harga bibitnya kalau beli dipameran masih mahal sekitar Rp 100.000 - Rp 150.000,-. Kalau mau murah bisa beli di sentra pembibitan di majalengka harganya sekitar Rp 40.000,-/pohon. Indukannya insya Allah terjamin.
Tentang bagaimana pemasarannya ? tidak usah kawatir karena kabarnya saat ini kebutuhan lengkeng nasional mencapai 21.000 ton, sekitar 70%--90% di antaranya masih diimpor dari Thailand dan China.
Jadi, kalau kita punya tanah nganggur cepet-cepet tanam buah lengkeng.... Daripada tanahnya jadi tanah terlantar mendingan menghasilkan jutaan rupiah dan bisa membantu penyediaan buah nasional.
Tanam lengkeng yuuuk...

9 komentar:

Bambu Kuning Nature mengatakan...

aAssalamualaikum..Bravo Pak Akhmad.
Senang bisa berinteraksi dengan orang - orang hebat yang penuh dengan semangat seperti Pak Akhmad ini.Itu kebunya indah banget Pak..apalagi di bangun vila..
Pak ngomong2 ada bibit Sugiri nggak Pak ? kalau ada berapa harganya ? mohon di email di caturasmoro@yahoo.com terimakasih ya Pak..Sukses selalu buat Pak Akhmad

depan mengatakan...

Saya PPL d Dumai Riau, menurut bpk kira kira jenis yg mana paling d minati pasar,kmudian menguntungkan kl d kebunkan, krn pingpong besar tp produktifitas kurang, diamond kecil,produktif,namun buah becek, itoh sulit dibuahkan dg perawatan standar, ada saran pak?

sudut makna mengatakan...

saya juga sudah menanam di pinggir jalan menuju pesantren... mudah-mudahan bisa jadi hiburan para santri.

Akhmad mengatakan...

@bambu kuning : trimakasih, saya juga senang dapat pesan dari bapak.
Doakan pak saya bisa segera buat villanya.
Mohon maaf pak, saya belum jualan pohon. Saya baru sebatas koleksi tanaman. Jadi saya belum bisa tawarkan pohon.
Trims pak, sukses juga untuk bapak.

Akhmad mengatakan...

@depan : wah saya malu beri saran, saya kira bapak dari PPL lebih paham ttg pasar.
Kalau yg saya lihat di supermarket sekarang ini kebanyakan adalah diamond. Pingpong masih terbatas baru sy dapati di total buah segar.
Itoh memang sulit perlakuannya.
Saran saya untuk saat ini masih diamond, kecuali nanti ada varietas lain yg lebih unggul.

Akhmad mengatakan...

@sudut makna : Wah..pahala besar pak, insya Allah bisa menjadi amal jariyah bapak.

nur mengatakan...

aslmkm..pak saya mau tanya pak soal penanaman klengkeng di kalmantan ccok gak dan kira2 bisa berbuah gak soalnya di sana berhawa panas,mohon petunjuk.terimakasih.mohon pak saran di kirimkan ke email saya.rahmannurohman@ymail.com

nur mengatakan...

assalmlkm..pak saya mau tnya pak kira2 di kalmantan klengkeng bisa tumbuh dan berbuah gak karena disana tanah dan cuaca berbeda mohon petunjuknya dan sarannya.terimakasih

sumbardianto mengatakan...

saya juga nanam lengkeng itoh di batam kepri
tinggi 1,5 meter dan sudah mulai berbunga namun masih gugur belum jadi buah ada usul atau saran teman -teman silakan ditunggu trims