Jumat, 14 Maret 2008

Bunga Sakura Tumbuh dan Berbunga di Selorejo Malang

(Bunga Sakura/Prunus Serrulata)

TEMPO Interaktif, Malang:Bunga Sakura, kembang khas negeri Jepang yang pohonnya rindang dan bunganya elok, ternyata juga tumbuh di Malang, Jawa Timur.

Bunga langka ini tumbuh di Bendungan Selorejo, Desa Selorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.
Bunga yang mempunyai nama latin Prunus Serrulata sekarang tumbuh dan berbunga lebat. Jumlahnya baru enam buah.

"Ditanam oleh salah satu konsultan Jepang yang membangun bendungan itu," kata Sekretaris Jasa Tirta I Kota Malang, Harianto, kemarin.

Menurut Harianto, untuk menjaga kelestarian bunga tersebut, Jasa Tirta mengembangbiakkan melalui stek, cangkok dan biji. "Pembiakan yang berhasil ternyata melalui biji," ujarnya.

Harianto menjelaskan, jika sekarang laboratorium Kultur Jaringan Perum Jasa Tirta sudah berhasil
mengembangkan biakan bibit sakura sebanyak 25 bibit.
Bibit ini membutuhkan waktu dua bulan untuk perkecambahan. Bunga ini rencananya akan ditanam di sejumlah kantor Divisi Jasa Tirta Kota Malang.

Sumber : Tempo Interaktif

Catatan :
Saya pernah melihat bunga Sakura ini juga tumbuh Taman Bunga Nusantara tepatnya di taman jepang, tapi sayang waktu itu belum berbunga.
Ingin tahu mendapatkan bibit bunga sakura dan berita tentang sakura di Indonesia ? buka di link blok ini.

14 komentar:

Sherry Andriani mengatakan...

duhh, bagus banget ya, mau numbuh ga ya kalau di jakarta....

Surya mengatakan...

pak, untuk hidup di indonesia, syaratnya apa aja. tertarik juga nih klo bisa tumbuh di yogya

Akhmad mengatakan...

Mohon maaf pak Surya dan Mbak Sherry, saya belum tahu ilmunya nih. Saya rencana Insya Allah bulan depan ke medan sekalian mau ke pemilik www.sakura-indonesia.com. Nanti saya akan coba belajar detail ttg sakura dan saya sharing di sini.
Trimakasih atas kunjungannya.

nabire planologi angel atha mengatakan...

duh,sakura indah nya:)
bisa ga tumbuh d papua?

Achmad mengatakan...

Pernah juga liat di Taman Cibodas.. tapi waktu itu belum berbunga... mungkin cocok di tempat dingin...

rhee mengatakan...

bagus banget bunganya..
jadi mw tahu ni..klw bunga sakura tumbuhnya didaerah yg kayak gimana ya??
klw dataran rendah dengan iklim yg panas tumbuh ga?

Purwakarta City mengatakan...

minta foto buktinya pak..... :) bolehkan.... saya pecinta bunga sakura

izzihendro mengatakan...

waduch..pokoe keren abis....tolong donk kasi petunjuk kalau memang bisa tumbuh di jakarta....

Nina mengatakan...

bagus bgt....mau dunk tanam nech..dimana bisa cari bibitnya ya
www.seemeagain.com

Ant9909 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Ant9909 mengatakan...

mau pinjam foto bunga sakuranya pak . .

Taman Saya

warlock mengatakan...

kunjungi blog gw donk, semua tentang tanaman ada di http://kebun-tanaman.blogspot.com/

candra Thp mengatakan...

bos, saya mau beli pohon bibit sakurax, carax gi mana y, ni no hp saya 0852 4671 2586,. kalo ad infokan y boz,.makasih

Ade Indra mengatakan...

kebun dirumah kita bisa ditanami bunga sakura gan
biar suasananya kaya dijepang gitu :D
bunga sakura bisa dibeli di http://kebunbibit.com/22-sakura-jepang.html

bisa berbunga di Indonesia loh ^_^