Rabu, 26 Maret 2008

Bunga Bungur (Langerstroemia flos-reginae Retz)

Bunga Bungur banyak kita lihat di jalan-jalan utama dan taman-taman kota. Saya juga lihat ditanam di ruang tunggu Bandara Sukarno Hatta.

Saya perhatikan ..indah sekali bunga ini ..coba kita lihat....rasanya tidak kalah dengan bunga sakura.
Warna bunga bungur ini bervariasi, ada yang berwarna putih, ungu, ungu kemerah-merahan. Bijinya lucu, bulat-bulat seperti buah kelengkeng.

Hebatnya lagi tanaman ini banyak khasiatnya. Biji dan daun bungur dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, sedangkan kulit batang untuk mengobati diare, disentri, dan kencing nanah.
Orang Filipina menggunakan ramuan tradisional dari daun bungur untuk mengobati DM/ Penyakit gula darah.

Bagi yg ingin menanam,
agar tumbuh baik, bungur membutuhkan banyak cahaya matahari. Bungur termasuk tanaman yang bandel terhadap kekeringan. Bahkan, tanaman ini akan berbunga selama musim kemarau.

7 komentar:

Dieta mengatakan...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Dieta, I hope you enjoy. The address is http://dieta-brasil.blogspot.com. A hug.

AuDa mengatakan...

dmn saya bisa mendapatkan bibit bunga bungur?
apakah bisa dcangkok dari pohon yang sudah ada??
mohon info.. terima kasih

AuDa mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Akhmad mengatakan...

Pohon bunga bungur biasanya yg dijual pembenihan dari biji. Sering disediakan oleh dinas pertamanan untuk penghijauan. Saya kira bunga bungur bisa dicangkok.
Bunga cangkokan bisa lebih cepat berbunga.
Selamat mencangkok.

okeboy mengatakan...

Itu bunga Dr jepang namanya saru suberi

okeboy mengatakan...

Itu bunga Dr jepang namanya saru suberi

Unknown mengatakan...

saya baru beli pohon bungur, tingginya sktar 2m, sdh 3 hari ini semenjak saya tanam daunnya mulai layu, apa masih bisa tumbuh ya??