Kamis, 08 Januari 2009

Manggis Putih (Garcinia mangostana)


Manggis Eksotis ini tumbuh dengan usia rata-rata 200-an tahun. Manggis ini tumbuh berjejer rapi di Taman Narmada maupun Taman Lingsar konon merupakan peninggalan Raja Anak Agung Gde Ngurah Karang Asem, Bali yang sekitar abad ke 18 pernah berkuasa di Lombok.

Kekhasan manggis Lingsar-Narmada diakui Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman pangan dan Holtikultura, Ir Achmad Sarjana, M.Si. Ukuran manggis ini relatif besar dan seragam bila dibandingkan dengan manggis lain semacam Kaligesing yang merupakan varietas unggul nasional dengan tebal hanya 100-125 g ram per buah. Karena itu wajar di pasaran harga manggis Lingsar-Narmada berkisar Rp. 7.500 -12.500 ribu per kilogramnya.

Manggis ini menurut para pekebun di Narmada Mataram, masa panennya bisa hingga empat bulan yakni antara bulan November dan Februari. Hasil panennya (yang berusia tua) bisa mencapai 5000 -600 buah setahun dengan bobot total 600 - 700 kg.

Masih sulit mendapatkan bibit manggis putih ini, beberapa kali saya kunjungi pameran dan penangkar buah mereka belum memilikinya. Alhamdulillah dari seorang kenalan di Agromania saya mendapatkan pohon manggis putih ini. Alhamdulillah bertambah satu koleksi pohon buah saya..... Semoga terus tumbuh dan dapat menjadi pohon induk untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai kekayaan tanaman buah Indonesia.

Sumber : http://www.lombokbaratkab.go.id/index/articleview.php?go=2
Foto dari trubus


6 komentar:

yudha mengatakan...

butuh bibit manggis putih cuma butuh 7 - 10 bibit...
ada yang punya???

CP : 08579941337

nar mengatakan...

dimana saya bisa mendapatkan bibit manggis putih dan bisa ditanam didaerah yang gimana

Rana mengatakan...

saya bisa bantu jika ada yang perlu bibit manggis putih. Kontak Rana Wijaya 0813 1749 6564

nar mengatakan...

untuk harganya gimana dan bisa dibudidayakan didaerah yang gimana

Akhmad mengatakan...

Bibit manggis putih dulu pernah dijual di pameran trubus. sekarang sudah jarang yg jual. Saya dapat pohonnya dari pemberian temen yang saudaranya dari lombok. Sementara saya belum ada informasi dimana bisa dapatkan bibitnya.Ada yang bisa bantu ?

skelana45 mengatakan...

harga bibitnya berapaan tuh mas?