Kamis, 29 Januari 2009

Mangga Bengkulu

Indonesia surganya tanaman buah mangga. Beraneka ragam buah mangga ada di negeri tropis ini. Salah satunya adalah mangga dari Bengkulu. Sekilas tidak ada bedanya dengan mangga lainnya, tetapi kalau kita lihat ukurannya...
Lihat saja foto ini....(bandingkan dengan ukuran uang logam Rp 500). Ukuran buahnya jumbo..sebuah mangga bisa mencapai 1 kg beratnya.


Mangga ini saya lihat di pameran buah di Bogor.
Alhamdulillah Dinas pertanian bengkulu membawa bibitnya. Akhirnya satu pohon mangga ini jadi salah satu koleksi pohon buah saya.

Dari hasil studi agroekologi diperoleh persyaratan tumbuh tanaman mangga varietas Bengkulu yaitu jenis tanah beragam dengan drainase baik, ketinggian 3 – 200 m dpl, temperatur 23 – 32,8 oC, curah hujan berkisar 1500 – 3220 mm (bulan basah sepanjang tahun), kedalaman tanah > 60 cm serta tingkat kesuburan tanah baik hingga cukup rendah.
Dari hasil pengkajian budidaya mangga varietas Bengkulu produktif dengan produksi rata-rata paket per tanaman dengan aplikasi paket teknologi introduksi bisa mencapai 18 kg/tanaman sedangkan teknologi petani/ perawatan biasa bisa mencapai 7,3 kg/tanaman.

Katanya cara perawatanan pohon ini tidak susah dan bisa untuk ditanam di Tabulampot.
Lucu juga kalau di Tabulampot ada buah mangga jumbo bergelantungan...
Selamat bertanam mangga Bengkulu.

3 komentar:

Taman Buah HIJAU Aceh mengatakan...

Bisa ditabulampotkan ya? Dimana bisa dapat bibitnya mas, trus harganya brp?

teukunovizal@gmail.com

Akhmad mengatakan...

Insya Allah bisa, sy sedang coba tabulampotkan. Waktu di pameran sy beli Rp 100.000,-. Di bengkulu sy belum ketemu penangkarnya. Sy dapat di pedagang tanaman buah dg ciri-ciri fisik yg sama tapi tdk berlabel dg harga Rp 30.000,-

Mohamad Yahdi Rosyadi mengatakan...

Assalamualaikum, pak Ahmad saya cuma mau sharing. Dulu waktu saya kecil, di halaman depan rumah kami di Cirebon ada pohon mangga yang tergolong langka, namanya mangga Budidaya. Buahnya seukuran buah mangga gedong. Rasa dan harumnya saya lupa, tapi kira2 seperti rasa mangga Kemiri. Yang saya ingat, kalo pagi kami kakak beradik berebut keluar rumah untuk mencari mangga yang jatuh karena matang. Pohon mangga Budidaya kami mati karena tua. Kalo saya earch di google "Mangga Budidaya", maka yg muncul adalah "budidaya mangga". Agak kerepotan kami mencari bibit mangga tersebut. Sekedar info, dulu banyak jenis mangga yg kini populasinya sudah jarang, antara lain mangga Kopek,berbagai macam mangga Kidang, mangga Kemiri dll. Demikian semoga bermanfaat. Terimakasih.