Minggu, 14 Maret 2010

Menanam Anggrek Catleya yuuk...

Foto : Dokumen pribadi

Menanam anggrek Catleya ternyata tidak susah. Sama dengan angrek-angrek lainnya, dia tidak boleh langsung terkena sinar matahari. Kebutuhan intensitas matahari sekitar 30 - 50 %, untuk itu sebaiknya bunga Catleya dilindungi paranet atau bisa ditaruh di beranda rumah yg tidak langsung terkena matahari.
Penting diperhatikan apabila ingin tanam catleya, pilih catleya dataran rendah atau dataran tinggi sesuai tempat tinggal kita. Bunga Catleya dataran tinggi biasanya berdaun tebal dan bunganya besar.
Perawatan lainnya adalah pemberian pupuk rutin 2 minggu sekali dengan pemberian pupuk daun. Untuk catleya muda diberikan pupuk dengan N tinggi untuk merangsang pertumbuhan dan kalau sudah besar bisa diberikan pupuk berkadar P tinggi untuk merangsang bunga.
Sekali-kali, anggrek saya beri vetsin/ bumbu masak yang dicampurkan dengan pupuk cair. Ternyata ini dapat merangsang pertumbuhan bunga juga, kabarnya vetsin ini memiliki unsur mikro yang dibutuhkan tanaman.
Selamat mencoba..dan nikmati keindahan dan keharuman Ratu anggrek ini.

Ada tulisan menarik ttg tips merawat Catleya, silahkan akses di : http://wawaorchid.wordpress.com/2009/09/11/tips-merawat-anggrek-cattleya-tumbuh-baik-dan-rajin-berbunga/

2 komentar:

Abu Yusuf ath-thuwailib mengatakan...

Bagus pak anggreknya...
saya seneng liat aja...
kurang bisa merawat...
gak telaten... ^_^

Akhmad mengatakan...

Trimakasih pak, ternyata merawatnya tidak terlalu rumit kok pak.
Cukup seminggu sekali diberi pupuk daun.