Kamis, 25 Februari 2010

Menanam Kiwi yuuk..

Tanaman Buah Kiwi di Malaysia sumber : http://pokokkiwi.blogspot.com

Waktu ke supermarket bersama istri, penasaran sekali lihat buah kiwi terpanjang dideretan buah impor.
Rasa penasaran apakah pohon ini bisa tumbuh dan berbuah di indonesia ? Saya coba searching di google tentang buah kiwi ini.
Di Blognya bapak Abdul Wahab Arbain di http://pokokkiwi.blogspot.com/ ternyata pohon kiwi bisa berbuah di malaysia. Akhirnya saya coba untuk membibitkan tanaman ini.

Biji buah kiwi saya coba rendam di air hangat kemudian ditiriskan dan dikeringkan dengan tisu.
Biji buah kiwi dalam tisu disimpan di tempat gelap selama 1 malam untuk merangsang tumbuhnya kecambah. Biji-biji kemudian di semai di tanah humus dan sebar biji secara merata. Simpan semaian biji kiwi di naungan supaya tidak kena matahari langsung.
Tunggu selama 3 hari dan perhatikan kecambah-kecambah biji kiwi akan tumbuh dengan baik.

Semaian Biji kiwi umur 10 hari : Doc pribadi

Setelah seminggu-10 hari atau setelah muncul daun 2 lembar, semaian biji kiwi sudah bisa dipindahkan di pot-pot kecil.



Selamat mencoba menyemaikan biji kiwi, semoga saja nanti dapat tumbuh dengan baik dan dapat berbuah di Indonesia.

22 komentar:

HERVIN mengatakan...

wah ditunggu perkembangannya Pak Akhmad, semoga bisa berbuah di negri ini

Akhmad mengatakan...

Amin. Trimakasih pak.
Memang masih harus menunggu lama.
Seperti penantian saya untuk buah plum. Alhamdulillah setelah 8 tahun bisa berbuah walaupun tidak banyak. Sekarang anaknya banyak, sedang saya pisahkan dari induknya.
Insya Allah kalau anaknya sudah gede akan saya kirim ke malang.

HERVIN mengatakan...

Wah telaten banget ni Pak.....buah plum kapan hari saya juga sempat ngicip buahnya punya koleksi teman... he he he jadi kepengin punya nih...
Saya tunggu Pak, terima kasih sebelumnya

bunda2bunga mengatakan...

Jadi pengen nyoba nih pak akhmad. Kebetulan sy punya kebiasaan mengumpulkan biji buah2an yg kami makan.

akhmad fuad mengatakan...

manteb.. ane baru kali ini liat gambar pohon kiwi..

ngrasain aja blum pernah.. hihihihi..

btw, kiwi tuh harus hidup di tempat dingin yah?



kunjungi website saya yah :
http://inforingan.com

Akhmad mengatakan...

@bunda2bunga :kebiasaan yg perlu dicontoh. Semoga tumbuh semua bu biji2nya dan dapat menghijaukan negeri ini.

Akhmad mengatakan...

@akhmad fuad :coba deh cobain pak, pasti ketagihan.
Iya pak, kiwi sebenarnya tumbuhan sub tropis tetapi ternyata dia bisa beradaptasi. Contohnya di malaysia dia bisa berbuah.

ummu mengatakan...

Bismillah.
waah pengen nyoba nih pak..Gimana pak caranya mendapatkan biji buah kiwi dan blueberry?apa bisa dari buah yg dijual dipasaran atau ada yg jual?
Kalau bibit stroberi dan anggur gimana?
Mohon infonya..
Terima kasih sebelumnya

ummu mengatakan...

Bismillah.
Wah jadi pengen nyoba jg nih pak. Gimana ya caranya mendapatkan biji kiwi dan blueberry? apa bisa dari buah yg dijual dipasaran?atau ada yg jual ga pak?Kalau biji stroberi dan anggur ada jg ga?
Ditunggu ya pak infonya...
Terima kasih sebelumnya..

Akhmad mengatakan...

@Ummu : buah kiwi bisa dibeli di supermarket. Untuk Blue berry hanya ada di khusus buah import. (Coba di total buah).
Untuk Strowberry dan anggur saya sarankan beli pohonnya saja karena sudah banyak dijual. Untuk Strawberry banyak dijual di Lembang dan Ciwidey unt daerah sekitar Bandung. Cuma buah ini peka terhadap iklim. Dia cocok di dataran tinggi diatas 600 m.
Buah anggur lebih adaptif. Bibitnya banyak dijual.

Iffa mengatakan...

Saya tinggal di Malaysia n di sini buah kiwi murah banget, 5 ringgit dapat 10 buah kalau beli di pasar, kalau dirupiahkan sekitar RP 1000 lebih per buah, murah banget kan... Kapan ya di Indonesia harga buah kiwi jadi murah kayak gitu...

Akhmad mengatakan...

@iffa: buah kiwi bisa murah mungkin sudah dibudidayakan dengan baik di sana.
Penginnya sih kalau di Indonesia setiap jengkal tanah yg menganggur bisa ditanami buah pasti di Indonesia bisa menikmati buah-buahan dengan harga murah.
Saat ini di supermarket kebanyakan adalah buah import, jadinya kami harus membelinya dengan harga yg cukup mahal.

dr.Damayanti Mustikarini mengatakan...

terima kasih pak atas infonya, cara menumbuhkan biji kiwi, kebetulan saya sedang mencoba menanamnya. minta tipsnya juga untuk menumbuhkan biji buah pear/apel/plum. Trims

Suherman mengatakan...

Selamat Pak Akhamd, semoga bisa menciptakan varietas biji kiwi yang unggul.

Kebetulan saya sekarang masih tinggal di New Zealand, dimana exportir kiwi terbesar ke Asia dan Australia.

Saya pernah datang ke kebun kiwi di Tepuke New Zealand, ternyata menurut saya tidak sebegitu mudah juga merawat pohon kiwi untuk berbuah.

Sekedar sharing saja Pak. dari host yang menjelaskan tour ke perkebunan kiwi, dia menjelaskan bahwa :

1. untuk menciptakan pohon kiwi yang cepat berbuah, mereka menstek phon kiwi yang sudah berumur 6 tahun (akar pohon) dengan Kiwi umur 2 tahun (buah, bunga dan daun)
2. Ternyata pohon kiwi ada yang laku-laki dan yang perempuan, diantara 4 pohon kiwi perempuan, dia tanam 1 pejantan, diharapkan 1 penjantan membuahi 4 pohon perempuan.
3. Untuk melakukan proses pembuahan, petani menyewa jasa peternak lebah, jadi ribuan lebah di letakan di kebun kiwi untuk melakukan tugasnya sebagai media pembuahan. Karena bunga pohon kiwi tidak memiliki sari madu, maka petani memberi makan lebahnya.
4. di sekitar pohon kiwi ditanam pohon pelindung yang tinggi untuk mencegak pohon kiwi tidak bergoyang kalau di terpa angin, agar kulit buah kiwi tidak bergesekan.
5. Jarak tanam kurang lebih antara 10-12 m

Mudah-mudahan sharing ini bermanfaat. Ayo maju terus Petani Indonesi..!

ARGYAcoolz.com mengatakan...

saya lagi coba pak.oh ya habis dikeringkan di tisu, bijinya disimpan di tisu itu ya selama 1 malam. tisu nya kalau kering perlu ibasahi lagi atau tidak. saya sih sampai kering habis 1 malam saya semai.

Akhmad mengatakan...

@suherman: terimakasih banyak informasinya pak.
Ternyata harus profesional ngurus pohon kiwi.
Semoga saja bisa saya lakukan pak.
Trimakasih

Akhmad mengatakan...

@argya: betul disimpan sampai kering, kemudian kalau sudah kering tinggal ditebarkan ke persemaian.
Sudah tumbuh pak kiwinya ?

Putra Patani mengatakan...

Ass...pak akhmad.
Menarik tulisan anda ttg KIWI.Ada yg sy ingin tahu lebih lanjut, yakni cocoknya di tanam pada ketinggian tanah berapa ? ( maksud sy suhu ) dan bagaimana menentukan pohon kiwi laku-laki /laku-perempuan ?.
Sekian dan terima kasih.Wass.

Hasan mustopa mengatakan...

Oh.....kiwi kiwi kapan yah sya bisa mendapatkan Buahnya pengen nyoba nyemai nicch .....ah mau cari di Supermarket aja Trim Ya pak ternyata kiwi tuch Senang Tempat Yang Gelap gelap yah .

Ricky Hartono mengatakan...

@pak Hasan Mustopa
"...Trim Ya pak ternyata kiwi tuch Senang Tempat Yang Gelap gelap yah."
sejauh yang saya tahu, bukan karena senang tempat gelap, tetapi karena merangsang hormon auksin agar lebih cepat berkecambah, kalau tidak salah istilahnya etiolasi. mohon koreksi jika salah. salam

nanohana mengatakan...

Assalamualaikum
Saya senang membaca artikel" di blog ini, karena minat sekali dengan berkebun meski belum terlaksana..
n saya juga kadang suka mengumpulkan biji buah yg sy makan.
Nah Kiwi kan ada jantan n betina nya ya..gimana cara membedakannya ya? apakah dari biji" (misal dari satu buah) itu bisa tumbuh beragam jantan/betina atau bagaimana?
terima kasih

Tantri Ristikawati mengatakan...

Semoga bisa berbuah pak
Supaya harganya bisa murahan dikit di indonesia
Secara saya suka banget ma kiwi