Sabtu, 06 Februari 2010

Buah Loquat (Eriobotrya japonica)

(Sumber Foto : Ariangin)

Buah Loquat atau biwa ini sangat jarang dijumpai dipasaran. Kabarnya tanaman ini sudah dibudidayakan secara komersil di Cina dan di Brastagi. Pohon biwa/loquat ini setidaknya terdapat 800 varietas biwa yang tersebar di seluruh dunia. Tanaman ini cocok ditanam di dataran tinggi. Menanamnya mudah, tanaman bisa dibiakkan dari biji. Pada usia usia 3 tahun tanaman ini sudah berbuah.
Buah biwa ini masam kalau masih muda dan asam-asam manis kalau sudah masak. Kandungan vitamin C biwa tinggi, 35,2-58,1 mg per 100 g buah. Jumlah itu setara dengan vitamin C pada jeruk manis. Lantaran itulah ia berguna sebagai antioksidan yang menghambat penuaan sel.


Sangat terkesan sekali waktu mendapatkan pohon ini.
Pohon Loquat saya dapatkan di Pangalengan Kabupaten Bandung pada saat mengawal kegiatan mahasiswa melakukan bakti sosial korban gempa. Pada saat menjelang magrib di sebuah rumah dekat mushola saya lihat beberapa pohon Loquat berbuah disana. Pada saat saya terkagum-kagum dengan tanaman dan buah Loquat ini, seorang ibu tua pemilik rumah ini menawarkan buah dan tanamannya. Alhamdulillah tidak cuma mendapatkan buahnya saya juga bawa tanaman ini untuk saya tanam di kebun.
Trimakasih banyak bu tanamannya..akan saya ingat selalu kebaikan ibu.
Semoga tanaman ini bisa tumbuh dengan baik, berbuah dan berkembang biak di kebun saya.

3 komentar:

bunda2bunga mengatakan...

wah..... saya kalau dikasih juga mau pak.....hehehe

Akhmad mengatakan...

Bunda bunga : mohon maaf bu, tanamannya saya baru satu. Kalau ada lagi nanti saya kabari.

sebeh012001 mengatakan...

untuk didataran rendah bagaimana pak pertumbuhannya???