Sabtu, 14 Agustus 2010

Pohon Ihau

Buah Ihau/Mata Kucing
Sumber : http://matoa.org/?p=194

Pada saat saya sebut pohon Ihau, teman-teman banyak yang bertanya. seperti apa pohon dan buahnya ?
Pohon Ihau atau sering disebut mata kucing merupakan pohon kelengkeng hutan asli dari kalimantan.Memang pohon Ihau ini sudah sangat langka. Dia hidup di hutan-hutan di Kalimantan Timur, keberadaannya semakin terancam akibat pembalakan hutan dan eksploitasi batubara di hutan-hutan.

Sumber : Dokumen Pribadi 15 Agustus 2010

Saya mendapatkan pohon Ihau ini dari seorang teman di Agrowisata Batuah pada saat penelitian pemanfaatan lahan bekas tambang di Kuta Kartanegara. Walaupun masih kecil dan tumbuh dari biji, tetapi ini sangat berarti bagi saya karena memang sulit mendapatkan bibitnya.

Pohon ini sosok aslinya besar dan tinggi-tinggi karena tumbuh dari biji. Buahnya seperti buah lengkeng tetapi produktifitasnya rendah. (Ini mungkin karena tidak dibudidayakan dengan baik).

Walaupun saya belum melihat langsung induk pohon Ihau ini, saya memiliki keyakinan Ihau ini memiliki kelebihan keunggulan tertentu. Karena merupakan buah lokal biasanya memiliki daya tahan terhadap penyakit dibandingkan lengkeng impor. Beberapa penangkar buah menjadikan tanaman buah Ihau ini jadi batang bawah.

Mestinya ada temen-temen pertanian yang meneliti buah ini untuk dikembangkan menjadi buah unggul Kalimantan. Saya hanya bisa menanam untuk melengkapi koleksi saya dan supaya tanaman ini tidak punah nantinya. Saya juga berharap nanti ada yang bisa memanfaatkan tanaman saya ini untuk dikembangkan lebih lanjut.


Artikel lengkap tentang buah Ihau ini bisa dilihat di http://www.vivaborneo.com/buah-ihau-klengkeng-asli-borneo.htm

6 komentar:

Latifah mengatakan...

Assalam. Perkenalkakn pak, saya mahasiswa pertanian di Solo. Saya mengikuti proyek dosen dan mengambil penelitian mengenai buah ihau ini. Tapi sayangnya ketika pindah tanam kemarin bibit saya mati semua. Saya ingin mengulangi menyemaikan biji ihau, tapi saya tidak tahu dimana bisa mendapatkan buahnya. Ada beberapa kerabat saya yg tinggal di Kalimantan, tapi belum dapat mengusahakan. Saya agak putus asa dengan penelitian ini. Apakah saya bisa minta contact person dari pihak Agrowisata Batuah?
Terimakasih atas info dr bpk..

Akhmad mengatakan...

Ws.wr.wb. Saya ikut sedih bibitnya pada mati. Berikut alamat kontak teman saya di batuah
1. Rahman 085250662828
2. Pak Agus 081347116355

Latifah butuhnya mendesak ? dan berapa perlunya ? perlu biji atau bibit pohonnya ?
Insya Allah rencana saya ada ke kutai nanti saya bawakan.
Semoga sukses penelitiannya.

Wassalam

Latifah mengatakan...

Terimakasih Pak atas kontaknya. Maaf baru bisa membaca balasan bapak. Kira2 musim buah ihau lagi kapan ya Pak? Bapak kapan berangkat ke Kutai?
Saya mencari biji/buahnya Pak untuk disemaikan, kira2 3-4 kg. Saya boleh minta alamat/nomor kontak bapak?

Akhmad mengatakan...

Insya Allah saya ke kutai sekitar akhir oktober ini. Nanti akan saya coba carikan dan pesankan ke teman saya.
Kalau sulit cari bibit ihau, saya sarankan bisa penelitian ttg pembibitan buah2 sub tropis seperti kiwi, plum, blue berry dsb.Supaya kita tidak tergantung impor.
Kebetulan saya sedang coba-coba dan alhamdulillah atas ijin Allah beberapa bisa tumbuh walaupun katanya ada isue di proteksi bibitnya.
email saya akhmad.setiobudi@gmail.com dan telepon 08122405807
Semoga sukses penelitiannya.

amad_lie mengatakan...

pak banyak judanya koleksi bibit langkanya

Akhmad mengatakan...

@amad_lie :Alhmadulillah pak, ini saya kumpulkan selama perjalanan saya ke beberapa kota di indonesia.