Senin, 27 Desember 2010

Balai Penelitian tanaman Buah Tropika Kebun Percobaan Sumani

Balai Penelitian tanaman Buah Tropika Kebun Percobaan Sumani berada di Solok Prov Sumatera Barat. Balai penelitian ini mudah dijangkau kurang lebih 30 menit dari Kota Solok menuju Padangpanjang di Daerah Sumani.
Sebenarnya tidak sengaja saya lewat balai Penelitian ini.. Pulang kerja dari Kota Sawahlunto menuju Padang, supir berinisiatif lewat jalur Solok-Padang Panjang. Jalur ini indah sekali karena wilayahnya subur dengan tanaman Beras Solok yang sangat terkenal. Jalur ini sangat indah karena tidak jauh dari Balai Penelitian Sumani kita akan ketemu dengan Danau Singkarak.

Balai penelitian ini cukup aktif dengan penelitian2 tanaman tropika. Saya sempat melihat-lihat dan membawa beberapa tanaman, diantaranya : Tanaman sukun manis, Sirsak ratu yg terkenal manis, Buah alpukat unggulan Solok yang ukurannya Jumbo (1 kg per buah).

Buat teman-teman hobiis tanaman yang kebetulan ke Sumatera Barat, saya sarankan mampir ke Balai Penelitian ini.
Trimakasih kepada bapak-bapak/ibu-ibu pengelola balai penelitian ini. Hasil penelitian dan pelesetarian tanaman tropis ini akan sangat membantu mempopulerkan tanaman tropis kita.

Tidak ada komentar: