Selasa, 05 Februari 2008

Miracle Fruit



Ini adalah Miracle fruit (Synsepalum dulcificum) buah ini berasal dari Afrika Barat. Ia akan populer di Indonesia karena warna dan buahnya yang eksotik juga kemampuanya mengubah rasa asam dan pahit menjadi manis.

Lucu juga...buah ini. Begitu dimakan buahnya rasanyanya asem dan manis. Dan setelah beberapa lama, semua yang kita makan menjadi manis, tidak kecuali jeruk yg asampun akan menjadi manis. Subhanallah.... maka disebutnya Miracle .....ajaib....ajaibbb.

Alhamdulillah saya bisa dapatkan bibitnya dari Pak Dinno (
ddionysius@yahoo.com) teman di milis Agromania. Trimakasih pak Dinno kiriman bibit dan biji Miracle Fruitnya... Semoga bisa tumbuh baik dan berkembang biak pohonnya.

23 komentar:

Nina mengatakan...

Dear Pak Akhmad, salam kenal. Saya kok tertarik sekali pada tanaman muracle fruit ini. Boleh kami dibagi bibitnya pak? Thx

Akhmad mengatakan...

Mbak Nina, trimakasih kunjungannya. Saya dapatkan bibitnya dari pak Dinno di bekasi. Bibit Miracle fruit saya masih belum berbuah. Jadi mbak nina bisa langsung hubungi pak Dinno saja. Emailnya ddionysius@yahoo.com tlp 08121878885. Saya kemarin gratis mendapatkannya/ cukup dengan ongkos kirimnya saja.

Surya mengatakan...

Ass. Pak Akhmad, salam kenal. Saya cuma mau menginformasikan saja. Kita punya kok tanaman yg fungsinya spt miracle fruit, asli Indonesia, namanya Marasi. Tumbuh di daerah yg lembab dan teduh.

Akhmad mengatakan...

Pengin kenalan juga dengan pak Surya. Trimakasih pak Infonya. Pernah baca sih di trubus, tapi saya belum punya bibitnya. Nanti deh pak kalau saya sudah punya bibitnya juga ada literatur ttg Marasi akan saya coba tulis di blog ini.

Ery mengatakan...

Assalamualaikum. Sudah punya koleksi pohon buah merah asal Papua belum Pak? Tumuhannya biasa saja, tidak eksotis, tapi lumayan bisa menambah koleksi.

Akhmad mengatakan...

Wa'alaikum Salam Wr.Wb
Saya belum punya pak ery, apakah bisa tumbuh dan berbuah buah merahnya kalau di BAndung Pak ?
Boleh juga pak, bagaimana cara mendapatkannya ?

agus mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
agus mengatakan...

saya tertarik sekali akan perkebunan..mang dah hobi sejak kecil..saat ini saya memiliki kebun buah naga merah dgn populasi 3200pohon di Kota malang..karena saya skrg tinggal di Bandung, maka saya ingin berkebun buah naga merah ini disini. namun saya belum menemukan investor yang mau bekerja sama dengan saya.
saat ini sy memiliki persediaan bibit sktr 15rb pohon.dgn ukuran min 30cm.
Mohon penerangannya dan apabila ada yang tertarik boleh hub saya..
www.buahnaga.blog.com
sundayn16ht@yahoo.com

SUGIANTO LIE mengatakan...

Salam hangat pak Akhmad,

Saya sangat tertarik untuk membudidayakan pohon "miracle furit" tersebut. Sebelumnya saya tidak tau tentang buat tersebut tetapi setelah saya lihat suatu acara di Metro TV tentang "dunia kita" disitu ditayangkan tentang "miracle fruit" mulai dari situ saya mulai penasaran untuk mendapatkannya.

Apabila pak Akhmada tidak keberatan, saya ingin mendapatkan pohon "miracle fruit" tersebut bagaimana caranya mendapatkannya dan cara membudidayakannya.

Terimakasih..

Adie Ariyanto mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Adie Ariyanto mengatakan...

Assalamu' alaikum

Pak Akhmad boleh di bagi bibit ato biji dari miracle fruitnya

terima kasih sebelumnya

semoga bisa manfaat

wassalam

adie ariyanto

Bayu mengatakan...

Ass pak akhmad, saya tertarik untuk membudidayakan miracle fruit...klo boleh tau saya bisa ndak mendapatkan bibitnya...klo misalnya dijual kira22 dilepas berapa bibitnya...o iya satu lagi mengenai kultur tanah serta pengaruh suhu bagaimana terhadap pembudidayaan miracle fruit?apa musti didaerah yang panas kering atau lembab...maaf saya lagi mencoba belajar..maklum pemula...terima kasih pak akhmad...

zMarei mengatakan...

mashaALlah
menarik sekali...
bapak akhmad.. ana izin muat tulisan bapak pada blog saya ya
di http://zmarei.blogspot.com/2008/12/miracle-fruit.html

jazaakumuLlah khayr

sudah saya sertakan sumbernya juga
sMoga bermanfaat buat lainnya
Aameen

Akhmad mengatakan...

Pak Sugiyanto, adie dan bayu mohon maaf nih. Miracle fruit saya masih kecil-kecil. Ini juga saya dapatkan dari pak Dinno. Kalau bapak berminat bisa langsung hubungi pak Dinno saja. Emailnya ddionysius@yahoo.com tlp 08121878885.
Maaf ini pak Dinno, jadi merepotkan setiap ada permintaan sya forward ke pak Dinno.
Selamat menanam miracle fruit..

Eduardo Jardim mengatakan...

Dear friends,
I grow many miracle fruit. I offer miracle fruit seeds for exchanging by Indonesian types of fruits. My e-mail is dududjardim@yahoo.com.br.
Also many other types of Brazilian delicious fruits.

Sopon mengatakan...

Assalamualaikum om... Udah berbuah gak buahnya... Lo udh bgi dunk bibitnya... Disamarinda gk ada yg jual :(

amad_lie mengatakan...

wah, saya juga tertarik mau menanamnya,kemaren saya dapat oleh-oleh buah kemunting dari pulau bangka.dan saya coba menanamnya

Insurance mengatakan...

Pak Akhmad, tanaman miracle fruitnya menarik sekali. Diluar negeri tanaman ini dipakai untuk pengganti gula. Kalau ada bijinya, boleh dibagi bibitnya pak? Trims

elbe mengatakan...

Assalamualaikum.

Salam kenal pak Ahmad, senang bisa berkenalan.

wassalam

lulu

Mari Maslahatkan Ummat mengatakan...

Terima kasih informasinya, jadi minat juga

Mari Maslahatkan Ummat mengatakan...

Terima kasih informasinya, jadi minat juga

Putri Mariam mengatakan...

makasih infonya saya juga tertarik pak untuk menanamnya sala kenal heri di riau

Putri Mariam mengatakan...

makasih infonya saya juga tertarik pak untuk menanamnya sala kenal heri di riau